Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik
belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memastikan bahwa semua peserta didik
mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan
kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik
dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru membantu mengembangkan potensi dan
mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta didik dengan
kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 1
|
|||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 2 : Menguasai Teori Belajar dan Prinsip‐prinsip Pembelajaran
yang Mendidik
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman
peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 2
|
|||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1.
Guru
dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang
ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b)
tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai dengan konteks
kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 3
|
|||
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indiktr × 2
|
|||
Persentase = (total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan
aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang
bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji
sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengkomunikasikan informasi baru
(misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan
peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang
harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik
lain yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan
penjelasan tentang jawaban yg benar.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran
sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara
bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai
dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat termanfaatkan secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru mampu menyesuaikan aktivitas
pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9.
Guru memberikan banyak kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta
didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10.
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas
pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik.
Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman
peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11.
Guru menggunakan alat bantu mengajar,
dan/atau audio‐visual
(termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam
mencapai tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|||
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/22 ) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru secara aktif membantu peserta
didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap
individu.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru dapat mengidentifikasi dengan
benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masingmasing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan kesempatan belajar
kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masingmasing.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan perhatian pada
interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan
menggunakan informasi yang disampaikan.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 5
|
|||
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/14) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 5
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk
mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memberikan perhatian dan
mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa
menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menanggapi pertanyaan peserta
didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi
kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyajikan kegiatan
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mendengarkan dan memberikan
perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang
dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan perhatian terhadap
pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk
menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 6
|
|||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru menyusun alat penilaian yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti
yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis hasil penilaian
untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik
untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran
selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran,
rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfatkan hasil penilaian
sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 7
|
|||
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 7
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru menghargai dan mempromosikan
prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan
etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mengembangkan kerjasama dan
membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang
ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru saling menghormati dan
menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing‐masing.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memiliki rasa persatuan dan
kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mempunyai pandangan yang luas
tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 8
|
|||
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 8
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Kompetensi 9 : Menunjukkan Pribadi yang
Dewasa dan Teladan
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru bertingkah laku sopan dalam
berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang
tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau membagi pengalamannya
dengan kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara
mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu mengelola pembelajaran
yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua
peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru bersikap dewasa dalam menerima
masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru berperilaku baik untuk
mencitrakan nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 9
|
|||
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/10) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 9
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus meninggalkan kelas,
guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal produktif terkait
dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memenuhi jam mengajar dan dapat
melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan
persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru meminta ijin dan memberitahu
lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri
kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru menyelesaikan semua tugas
administratif dan non‐pembelajaran dengan tepat waktu sesuai
standar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memanfaatkan waktu luang selain
mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap
nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru merasa bangga dengan profesinya
sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 10
|
|||
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/16) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 10
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru memperlakukan semua peserta
didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing,
tanpa memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menjaga hubungan baik dan
peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif
terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru sering berinteraksi dengan
peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
(misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama
dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 11
|
|||
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 11
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru menyampaikan informasi tentang
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik
dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru ikut berperan aktif dalam
kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan
masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memperhatikan sekolah sebagai
bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta
berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 12
|
|||
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator × 2
|
|||
Persentase = (total skor/6) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 12
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru melakukan pemetaan standar
kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menyertakan informasi yang
tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menyusun materi, perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan
yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 13
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 13 = jumlah indikator × 2
|
|
||
Persentase = (total skor/6) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 13
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tdk
terpenuhi)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Semua
Terpenuhi
|
|
1. Guru melakukan evaluasi diri secara
spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memiliki jurnal pembelajaran,
catatan masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai
bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memanfaatkan bukti gambaran
kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru dapat mengaplikasikan
pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan
tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melakukan penelitian,
mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar,
konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru dapat memanfaatkan TIK dalam
berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 14
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
|
||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 14
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
REKAPITULASI PKG
NO
|
K
O M P E T E N S I
|
NILAI
*)
|
A. Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta didik
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta didik
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
|
B.
Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial
dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi
guru
|
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
|
D. Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang
reflektif
|
|
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar